Read Offline:

Pamekasan, 10-04-2019 Untuk menggalakkan masyarakat sadar membaca dan menulis, Rabu pagi Balai Bahasa Jawa Timur kembali mengadakan acara Bimbingan Teknis Gerakan Literasi Nasional di Pamekasan yang di tempatkan di gedung  Aula Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pamekasan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Drs. Amir Mahmud, M.Pd. mewakili Kepala Balai Bahasa Jatim dan sekaligus menjadi narasumber dalam acara yang diikuti oleh para siswa siswi SMA, SMK, mahasiswa serta pegiat literasi dari Kabupaten Pamekasan. Acara ini menurut Amir Mahmud bertujuan untuk pemasyarakatan literasi nasional untuk siswa, mahasiswa dan masyarakat secara luas, Agar Masyarakat Indonesia bisa melek hukum dan dapat memahami terhadap apa yang harus dilakukan untuk kemajuan Bangsa dan Negara. “menganpa saya taruh di Madura karena inilah merupakan suatu program yang harus merata di Provinsi Jawa Timur” Ungkap Amir.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Pamekasan, Slamet Goestiantoko, M.Si. dalam sambutannya Slamet meminta peserta BIMTEK agar mengikuti secara sungguh-sungguh dan dapat menggali materi secara mendalam kepada nara sumber yang telah hadir. Berkenaan dengan tema BIMTEK yaitu “Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Kearifan Lokal” menurut Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan Tersebut, banyak budaya yang perlu dipahami di Kabpaten Pamekasan, misalnya Kerapan Sapi, Carok, bahkan tugu Arek Lancor hingga kuliner yang tidak dikenal di daerah lain.

Materi yang diberikan dalam BIMTEK antara lain Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Kearifan Lokal, Membentuk dan merawat Komunikasi Literasi, dan Kiat menulis Esai di Media Massa.

Acara tersebut dijadwalkan pada tanggal 10 dan akan berakhir pada tanggal 11 Maret 2019. Acara yang sama juga telah di laksanakan di beberapa tempat diantaranya di Kota Surabaya, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Jombang dan Kabupaten Bangkalan. (Soleh JMNC)

Share Button
Read Offline:
Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.