Pamekasan – Campur Lorjuk

CAMPUR LORJUK 1

Soto ayam mungkin sudah biasa anda nikmati, namun berbeda dengan Soto Lorjuk atau Campur Lorjuk milik Ibu Siti yang ada di Dusun Kosabheh, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Penyajian campur lorjuk ini tidak jauh beda dengan soto pada umumnya yakni diberi lontong, mihun, kecambah goreng dan rebus, remasan kerupuk rempeyek, serta ditaburi bawang goring. Namun yang membedakan campur lorjuk dengan yang lain adalah buburan kerang lorjuk yang kemudian disiram dengan kuah gurih dan petis yang juga terbuat dari kerang lorjuk.

Jessi Ratna Sari salah seorang penikmat campur lorjuk mengaku dalam seminggu setidaknya dua kali membeli campur lorjuk milik Ibu Siti. Menurutnya rasa dari campur lorjuk tersebut sangat khas dan tidak ada di tempat lain, selain itu Jessi mengatakan campur lorjuk ini juga diyakini dapat menambah stamina yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Siti penjual campur lorjuk mengaku sudah belasan tahun berjualan campor lorjuk, dikatakan sebelum membuka warung dirinya berjualan di rumahnya dan pelanggannya hanya tetangga sekitar. Namun setelah dia membuka warung di pinggir jalan, ternyata pelanggannya tidak hanya warga Pamekasan bahkan ada juga yang berasal dari luar kota. Per-harinya Siti menghabiskan beras sebanyak 5 kilo untuk membuat lontong, sementara untuk kerang lorjuknya hingga satu ember yang seharga seratus lima puluh ribu rupiah. Sementara untuk harga 1 porsi campur lorjuk hanya 5.000 rupiah. (Abdur Rahem)

1,784 total views, 2 views today

Share Button
Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Profil Penulis

Leave a comment

Gambar CAPTCHA

*