Read Offline:

Moh. Hasan : jmnc

Balai Bahasa Jawa Timur mengadakan kegiatan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur di aula PKPRI Pamekasan.

Kegiatan ini dikuti sekitar 100 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari siswa, mahasiswa, guru, komunitas, MGMP, MKKS, pegiat literasi, dan pemangku kepentingan, dimulai dari tanggal 20-21 Maret 2019.

“Kegiatan Gerakan Literasi Nasional di Pamekasan ini, merupakan upaya Balai Bahasa Jawa Timur untuk meningkatkan budaya baca tulis bagi masyarakat, khususnya di madura,” kata Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Drs. Mustakim, M. Hum, Kamis (21/03/2019)
Dengan kegiatan gerakan literasi nasional ini Mustakim berharap dapat mamicu semangat masyarakat madura mencintai budaya literasi. .

“kami berharap nanti seluruh masyarakat sudah berliterasi, dengan aktifitas itu bisa meningkatkan keterampilan dan kompetensi, sehingga pada akhirnya bisa bermuara dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya

“Disisi lain kami berharap melalui kegiatan literasi ini, kekayaan sosial budaya, kearifan lokal di wilayah pamekasan dapat terungkap lewat tulisan dan bisa menghasilkan penulis penulis berbakat dan menghasilkan karya karya bermutu untuk masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan diseminasi gerakan literasi nasional dibuka kepala cabang dinas pendidikan wilayah kabupaten pamekasan Slamet Goestiantoko, dalam sambutannya, Slamet Goestiantoko mengaku menyambut baik kegiatan Gerakan Literasi Nasional yang diselenggarakan balai bahasa jawa timur di Kabupaten Pamekasan.

“Bahwa Pamekasan sudah melakukan gerakan gerakan literasi seperti membuat pojok baca, juga menyarankan sekolah-sekolah untuk menyediakan tempat baca untuk meningkatkan budaya literasi,” kata Slamet Goestiantoko.

Melalui Kegiatan Gerakan Literasi Nasional, Slamet Goestiantoko berharap kabupaten Pamekasan menjadi kabupaten yang melek literasi.

Materi yang diberikan pada kegiatan diseminasi gerakan literasi nasional di kabupaten pamekasan, antara lain: “Peran Balai Bahasa Jawa Timur Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi” yang disampaikan oleh Drs. Mustakim, M. Hum  selaku Kepala Balai Bahasa Jawa Timur. Serta “Prospek dan Pemberdayaan Literasi di Era Digital” oleh Dr. Sutejo, M. Hum selaku pegiat literasi nasional.
Kegiatan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional di kabupaten pamekasan ditutup oleh ketua MGMP SMP Kabupaten Pamekasan, isya sayunani dan panitia penyelenggara.

Share Button
Read Offline:
Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.